THERAPY

Psychoeducation Therapy

Psikoedukasi adalah bentuk pendidikan yang secara khusus ditawarkan kepada individu yang menderita salah satu dari beberapa kondisi kesehatan mental berbeda yang mengganggu kemampuan mereka untuk menjalani hidup. Tujuan ideal dari pendekatan psikoedukasi adalah untuk memberikan individu yang menderita kondisi psikologis dan keluarganya dasar pengetahuan yang lebih kuat untuk mengetahui cara-cara mengatasi gangguan kondisi yang diderita.

Beberapa dari berbagai kondisi yang mungkin memerlukan intervensi psikoedukasi termasuk berbagai gangguan kecemasan, gangguan kepribadian, penyakit psikotik, gangguan bipolar, skizofrenia, dan depresi klinis. Untuk mengoptimalkan efektivitas program psikoedukasi, keluarga dan jaringan sosial dekat dari individu yang menderita kondisi tersebut sangat didorong untuk terlibat dalam proses tersebut.

Tujuan dari program psikoedukasi bukanlah untuk sepenuhnya meringankan kondisi yang tidak lagi menjadi faktor, tetapi lebih untuk memberikan orang yang menderita kondisi psikologis sebuah peta jalan yang lebih baik menuju berfungsi secara optimal tanpa terlalu terhalang oleh kondisi mereka.