Training

PUBLIC SPEAKING

Kemampuan berbicara di depan khalayak ramai (public speaking) ialah sebuah kompetensi yang perlu dikuasai oleh seseorang. Interaksi sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari meniscayakan adanya keterampilan berbicara dengan baik dan tepat. Dua hal penting yang perlu diperhatikan dalam proses public spekaing ialah isi atau topik pembicaraan dan teknik penyampaian yang digunakan.

Dalam banyak kasus, seseorang hanya berpaku pada materi yang ingin disampaikan saja. Padahal teknik penyampaian merupakan hal yang tak kalah penting. Sebagus apa pun pesan yang ingin disampaikan akan tidak berguna jika hal itu tidak dapat dipahami oleh audiens. Oleh karena itu, diperlukan integrasi antara materi yang berkualitas dengan teknik penyampaian yang baik dan tepat sasaran.

Penggunaan kata yang jelas, ekspresi vocal yang cocok, intonasi yang tepat, ilustrasi visual yang mendukung, kemampuan memahami bahasa non-verbal, hingga adaptif terhadap pendengar juga menjadi modal penting bagi seseorang yang berbicara di depan umum. Menguasai beberapa kompetensi di atas akan sangat membantu seseorang dalam proses public speaking yang dijalani. Lebih lanjut, hal ini akan bermanfaat dalam memimpin sebuah grup, organisasi, perusahaan, dan lain sebagainya.