Training

LEADERSHIP

Kepemimpinan ialah hal elementer yang perlu dikuasai oleh seseorang. Menjadi pemimpin berarti bertanggung jawab atas keputusan-keputusan krusial yang diambil dari sebuah organisasi atau perusahaan. Beberapa karakter dasar yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin ialah berbagi visi, membuat keputusan, kepedulian dan empati terhadap orang lain, kemampuan komunikasi yang baik, dan kesediannya untuk terus belajar.

Tipologi kepemimpinan seseorang sudah selayaknya tipe yang mampu berdialog dengan zaman. Warren Bennis dan Burt Nanus menjelaskan bahwa dunia saat ini berada dalam sedang berada di era Volatility, Uncertainty, Complexity, and Ambiguity atau biasa disebut sebagai VUCA. Pada beragam sektor, mulai pendidikan hingga ekonomi tak terlepas dari dunia baru yang ditandai dengan perubahan, ketidakpastian, kompleksitas, hingga keambiguan yang terjadi.

Merespons hal tersebut, beberapa kompetensi dan karakteristik kepemimpinan yang dibutuhkan di era sekarang ialah ketangkasan, inovatif, memiliki bio-empati, transparan, kemampuan berkolaborasi, insting yang kuat, dan kemampuan belajar mendalam. Oleh karena itu, seorang pemimpin harus beradaptasi dengan kondisi ini jika ingin keluar sebagai pemenang dari pertarungan besar yang terjadi saat ini.