Training

CONTENT CREATOR

Pergeseran zaman membawa implikasi pada perubahan dalam budaya dan kultur kehidupan manusia. Contoh konkret dari fenomena di atas bisa dicermati dalam kehidupan dewasa ini, di mana sosial media merupakan elemen penting dalam menunjang kemajuan sebuah lembaga. Tak ayal, hal ini menumbuhkan peluang-peluang baru yang tak pernah dibayangkan sebelumnya. Salah satunya ialah kesempatan untuk menjadi perancang dan pembuat konten (content creator) sebagai media pemasaran.

Di era digital sekarang, content creator merupakan salah satu profesi yang menjanjikan. Ditambah lagi, tren perkembangan teknologi informasi terus meningkat dari tahun ke tahun. Tugas utama content creator ialah menciptakan konten yang bisa berupa tulisan, gambar, video, suara, atau gabungan dari semua aspek tersebut yang dikombinasikan menjadi satu sebelum kemudian dipublikasikan di internet.

Beberapa aspek yang perlu diperhatikan sebelum terjun dalam dunia content creator di antaranya kemampuan menggunakan perangkat lunak yang dibutuhkan dalam mengedit foto, video, dan sebagainya; menulis secara rapi, sistematis, dan menarik; memahami peluang dan tantangan pasar; hingga pendekatan yang tepat kepada para target klien. Dengan menguasai hal-hal di atas, seseorang akan siap dalam memenangkan pertarungan digital yang sedang terjadi.