Training

MINDFULNESS

Dua problem mendasar yang sering dialami oleh manusia ialah keterikatan pada beban masa lalu dan kekhawatiran akan masa depan yang belum pasti. Dari sinilah kemudian terjadi masalah-masalah lebih lanjut seperti stres dan rasa cemas berlebihan. Jika hal ini tidak segera ditangani, maka persoalan kejiwaan tersebut akan berpengaruh pula pada aspek jasmani.

Merespons permasalahan di atas, pemberdayaan diri dalam bentuk mindfulness bisa menjadi solusi yang efektif. Ide dasar mindfulness sendiri ialah menumbuhkan kesadaran dalam diri seseorang untuk hidup pada masa sekarang, bukan di masa lalu atau masa depan. Menikmati dan mensyukuri kehidupan yang ada pada saat ini berarti menyadari bahwa ada hal-hal yang mampu manusia kontrol, dan di sisi lain ada sesuatu yang tidak sepenuhnya berada di atas kendalinya.

Dengan hal itu, pikiran serta perasaan negatif akan mampu dinetralisir. Selain itu, mindfulness juga bisa menjadi media untuk menyeimbangkan pikiran, badan, dan jiwa seseorang dalam kehidupan secara umum. Hasil dari mindfulness ialah adanya rasa tenang dan damai dalam diri, yang mana hal ini bisa menjadi modal penting dalam meraih kesuksesan dan impian yang dicita-citakan.