Training

CHARACTER BUILDING

Karakter merupakan pondasi utama yang perlu dimiliki seseorang dalam menghadapi era Volatility, Uncertainty, Complexity, and Ambiguity (VUCA). Dalam kacamata teknologi, karakter ibarat prosesor yang menentukan performa sebuah komputer.  Pentingnya karakter di era sekarang juga tercermin dari arah pendidikan global yang menjadikan karakter sebagai salah satu pilar utama model pendidikan abad 21, di samping pengetahuan (knowledge) dan keahlian (skills).

Center for Curriculum Redesign misalnya menyebutkan bahwa keingintahuan, keberanian, ketahanan, kepemimpinan, hingga kesadaran akan kehidupan sekarang (mindfulness) merupakan contoh dari karakter utama yang perlu dimiliki oleh setiap orang. Melalui program character building, seseorang akan mendapat bimbingan bagaimana menggabungkan potensi intelektual, emosional, dan spiritual yang selama ini sering dipisahkan.

Selain itu, seseorang akan belajar bagaimana menyinergikan Olah Pikir, Olah Hati, Olah Rasa, Olah Raga, dan Olah Karsa. Jika kelima hal itu telah bersinergi dengan baik, maka karakter dalam diri seseorang akan otomatis terbentuk secara baik. Lebih jauh, hal itu bisa menjadi modal bagi individu untuk mengaktualisasikan potensi terselubung yang ada dalam dirinya.