Training

SEX EDUCATION

Dilansir dari BKKBN, riset yang dilakukan oleh Durex Indonesia mengenai Kesehatan Reproduksi dan Seksual menunjukkan bahwa sebanyak 84 persen remaja di Indonesia belum mendapat pendidikan seks secara proporsional. Hal ini tentu mengkhawatirkan, mengingat pengetahuan mengenai hal-hal tersebut banyak berseliweran di internet tanpa adanya saringan yang memadai bagi seorang remaja.

Di era keterbukaan informasi seperti sekarang, penting bagi seorang remaja untuk mendapatkan pendidikan seksual dengan cara pengajaran yang tepat. Pendidikan soal organ reproduksi, mimpi basah, hingga hubungan seksual perlu disampaikan melalui metode pendidikan yang sesuai dengan konstruk pemahaman seorang remaja. Selain itu, cara menyikapi pornografi, pacaran, dan seks bebas juga perlu diajarkan kepada remaja yang telah cukup umur, sehingga mereka tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang berbahaya bagi masa depan anak tersebut, baik dampak secara fisik maupun psikis.

Dengan pemberian materi pendidikan seksual yang tepat kepada seorang remaja, seseorang akan mampu memahami hal-hal krusial berkenaan dengan pendidikan seksual dalam rentang usianya. Lebih lanjut, edukasi tersebut juga mampu menjadi bekal bagi sang anak untuk bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sehingga perkembangan dirinya dapat berlangsung secara optimal.